Nilai dan Prinsip Caritas Sintang

Logo Caritas Sintang - Kecil

Nilai – Nilai :

  1. CINTA KASIH : memiliki semangat berbagi / berbelarasa/ penuh kasih kepada sesama yang menjadi korban,  orang miskin dst. Bercermin pada Allah sendiri    yang  adalah Cinta Kasih itu.
  2. KEADILAN DAN PERDAMAIAN : memperjuangkan relasi yang benar  (sejajar)  dalam kehidupan, yakni relasi  seseorang dengan diri sendiri,  dengan sesama,  dengan alam dan  dengan Sang Pencipta.
  3. DEMOKRASI : sebagai sebuah nilai yang perlu dihidupkan oleh lembaga dalam sebuah pengorganisasian dengan mencerminkan kehendak umum, dengan tekanan pada peran serta, perwakilan dan tanggung jawab. (Renstra Karina-KWI 2008-2012, hal. 6):
  4. MARTABAT MANUSIA / HAM : mengakui bahwa manusia sebagai citra Allah, yang harus diperlakukan dengan penuh hormat hak-haknya baik sebagai individu maupun sosial.

Prinsi – Prinsip :

  1. PROFESIONALITAS : bekerja dengan pelayanan  yang  bertanggung jawab,  dan terbuka (akuntabel dan transparansi).
  2. VOKASIONALITAS : berpihak kepada mereka yang menjadi korban, rentan dan miskin dengan mengedepankan semangat injili namun tidak menampik profesionalitas
  3. KEBERLANJUTAN : program dan aktivitas lembaga senantiasi bersinergi, terorganisir dan terarah ke depan, baik jangka pendek, sedang dan menengah / panjang.
  4. SOLIDARITAS DAN SUBSIDIARITAS : memiliki semangat  kebersamaan, seperasaan dengan sesama yang menderita dan menjunjung tinggi potensi yang dimiliki setiap orang atau kelompok orang.
  5. KETERBUKAAN : Menyangkut informasi, terhadap berbagai pihak, terutama korban ketidak-adilan / yang miskin tanpa memandang suku, agama, latar belakang lainnya.